24 Jenis Tanaman Hias Tahan Panas Matahari

Advertisement

Punya pekarangan rumah yang lumayan luas hendak terasa lebih asri bila ditanami dengan tanaman hias. hendak tetapi, banyak yang khawatir tanaman tersebut hendak layu dan mati karena cuaca yang panas. Oleh karena itu, lebih bagus memelihara tanaman hias tahan panas matahari di halaman rumah kamu.

Ada banyak sekali tanaman hias yang tahan terhadap sengatan matahari dan udara panas. Tanaman tersebut ada yang datang dari daerah panas seperti padang pasir, namun ada juga yang tidak. Umumnya, tanaman yang memiliki ketahanan terhadap matahari tidak memerlukan banyak air untuk pertumbuhannya.

Apa saja tanaman yang tahan panas tersebut? Berikut hendak tanamtanaman.com sebutkan sebagian jenis tanaman hias yang tahan terhadap panas matahari. Tanaman-tanaman yang hendak disebutkan berikut ini sangat sepadan ditanam di daerah Indonesia yang hanya memiliki dua musim dengan suhu udara yang lumayan tinggi.

Bayam Merah

tanaman hias tahan panas matahari bayam merah

Bayam merah adalah tanaman dari jenis bayam. disebabkan memiliki warna daun yang memesona, bayam merah saat ini sudah banyak dijadikan tanaman hias. Bayam merah hendak tumbuh dengan maksimal pada suhu tinggi, sehingga di tempat terbuka yang mendapatkan sinar matahari, bayam merah bisa tumbuh secara maksimal.

Jengger Ayam

jengger-ayam

Tanaman bunga dari famili Amaranthaceae dinamakan dengan tanaman jengger ayam disebabkan bunga yang dihasilkan terlihat sesuai daging merah yang tumbuh pada bagian kepala ayam jantan. Ada banyak warna anggun yang dipunya oleh tanaman dengan nama latin Celosia cristala ini, antara lain merah, kuninng, dan oranye. Jengger ayam adalah tanaman yang tahan terhadap panas matahari dengan waktu berbunga sebagian kali dalam satu bulan.

Kaktus

jengger-ayam

Dengan habitat asli di gurun pasir yang tandus, tentu kaktus memiliki daya tahan terhadap matahari, terlebih tumbuhan yang mengeluarkan duri ini memiliki cadangan air dalam batang yang berlapiskan lilin. kalau kamu mau mengoleksi tanaman hias tahan panas seperti kaktus, cobalah pilih salah satu dari sebagian kategorinya, seperti ariocarpus, astrophytum, cereus tetragonous, chepalocereus senilis, echinocactus grusonii, echhinofossulocactus, ferocactus, gymnocalycium, haworthia attenuata, lobivia oganmaru, dan lain sebagainya.

Bunga Kertas (Bougenville)

bunga-bougenville

Bougenville adalah tanaman hias bunga yang tahan terhadap panas matahari. Bougenville (dibaca bugenvil) atau yang juga dinamakan bunga kertas ini bisa ditanam di pekarangan rumah kamu. Perawatannya simpel dan bisa tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. sebagian bunga kertas yang lumayan beken antara lain california gold, gold rush, after glow, bambino baby allison, bambino baby victoria, bambino baby lauren, cherry blossom, coconut ice, alexandra, barbara karst, dan bambino majik.

Bunga Kamboja

bunga-kamboja

kalau kamu bertanya tanaman hias outdoor tahan panas matahari itu apa, jawabannya adalah kamboja. Bunga kamboja tergolong sebagai tanaman hias jenis outdoor (luar ruangan) yang bisa beradaptasi dengan lingkungan dengan udara terbuka dan lebih kerapkali mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Bunga kamboja memiliki daya pikat pada bagian kelopaknya yang berwarna memesona dan anggun dengan kombinasi warna putih dan kuning. Bunga kamboja bisa tumbuh subur sekalipun tidak disiram dengan air.

Lidah Mertua

lidah-mertua

Lidah mertua atau Sansevieria banyak ditanam sebagai tanaman hias di dalam rumah. Lidah mertua lebih kerapkali ditanam di rumah karena bisa menetralisir udara kotor di dalam ruangan, menyerap bau tidak sedap dari perabotan rumah tangga, dan obat herbal. sekalipun begitu, tidak berarti lidah mertua tidak bisa tumbuh di luar ruangan sebab tumbuhan ini juga digolongkan ke dalam tanaman hias tahan panas matahari. kalau ditanam di luar ruangan, lidah mertua hendak bekerja menyerap polusi udara yang berada di sekitar rumah.

Palem

palem-kuning

Halaman rumah yang kosong hendak sangat disayangkan kalau tidak ditanami tumbuhan apa-apa. Oleh karena itu, agar tidak terbengkalai begitu saja, lebih bagus kamu tanami tanaman hias outdoor tahan panas seperti palem. Palem hias adalah tanaman yang bisa hidup di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Perawatannya yang simpel, seperti mendapatkan air dan pencahayaan yang lumayan, menjadikan palem bisa tumbuh secara sempurna untuk mengasrikan halaman rumah kamu.

Siklok

siklok

Siklok (Agave attenuata) adalah tumbuhan hias yang tahan cuaca panas dan kering. Tanaman ini bisa ditanam di depan rumah kamu sebagai penghijauan. Hal yang digemari dari siklok selain keindahannya adalah dirinya juga tidak mesti ditanam pada lahan luas sebab siklok adalah tumbuhan berukuran kecil yang tidak hendak tumbuh tinggi dan memakan tempat.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Keladi Hias Red Star

Cemara Norfolk

cemara-norfolk

Dinamakan cemara norfolk karena pohon cemara ini datang kepulauan Norfolk di Selandia Baru. Cemara yang datang dari famili Araucariaceae dan genus Araucaria ini juga kerap diketahui dengan nama cemara pinus batang atau star pine. Cemara norfolk dengan nama binomia Araucaria heterophylla (Salisb.) Franco ini adalah salah satu jenis tanaman hias yang menyukai kondisi lingkungan dengan intensitas cahaya matahari penuh.

Tabebuya

tabebuya

Tabebuya adalah pohon besar asli Brasil yang kebanyakan orang menyebutnya dengan nama tanaman Sakura, karena bunganya memang mirip dengan bunga sakura. Pohon tabebuya biasa ditanam di taman sebagai pohon hias. Pohon hias yang sudah beken di berbagai macam belahan dunia ini bisa tumbuh di seluruh jenis tanah dan kondisi lingkungan di daerah subtropis dan tropis. Tabebuya yang biasa ditanam sebagai tanaman hias pekarangan adalah Tabebuya Kuning dan Tabebuya Merah Muda.

Bunga Euphorbia

bunga-euphorbia

Jenis tanaman hias tahan panas berikutnya adalah Euphorbia. Tumbuhan berbunga yang datang dari genus dengan 2.420 spesies ini memainkan banyak peran di tangan manusia. Selain dijadikan tanaman hias karena memiliki banyak warna (merah, hijau, ungu, kuning, dan cokelat), euphorbia juga dijadikan sebagai kandang ternak oleh orang Afrika dan pelumas atau bahan pembuat lilin oleh orang Meksiko.

Beringin

beringin

Beringin atau waringin adalah tumbuhan yang bisa hidup dengan subur di pekarangan rumah kamu. Tanaman hias daun yang satu ini bisa ditanam di dalam pot. Beringin sudah lama akrab dengan pekebun di Indonesia sehingga pembudidayaannya tidak bisa terhitung lagi jumlahnya. Pohon beringin yang ditanam di pot adalah tanaman yang tahan di seluruh cuaca, tergolong cuaca panas.

Bunga Pentas

bunga-pentas

Advertisement

Bunga pentas sekilas mirip dengan soka. Bunga yang anggun dengan warna pink pada kelopaknya ini menjadi salah satu tanaman hias bunga yang banyak ditanam oleh para pecinta tanaman karena perawatannya yang simpel juga menghasilkan bunga rimbun dengan waktu berbunga yang tidak lebih dari seminggu. Tanaman semak yang tidak digemari oleh hama seperti ulat dan kutu kebul inii tergolong ke dalam tanaman hias yang tahan panas, tetapi tidak terlalu suka dengan matahari terik karena bisa menyebabkan daun dan tangkai yang masih muda terbakar.

Bunga Lantana Camara

bunga-lantana-camara

Di Indonesia, bunga lantana camara juga diketahui dengan sebutan yang lebih simpel diucap, seperti bunga saliara atau bunga tembelek (tembelekan). adalah tumbuhan berbunga dari famili Verbenaceae yang awal kali dijumpai di daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan. Lantana camara yang di sebagian kampung baisa diketahui dengan kembang waung, menurut sebagian orang mengeluarkan aroma yang lumayan wangi sekalipun dinamakan dengan bunga tembelek oleh sebagian orang. Bunga lantana camara dengan warna-warni anggun pada kelopaknya ini juga tergolong tumbuhan yang tahan terhadap cahaya matahari.

Daun Encok

daun-encok

Daun encok sudah tersebar di berbagai macam belahan dunia, mulai dari dataran Afrika, India, hingga ke arah timur dan selatan menuju Asia Tenggara, tergolong Indonesia. Tumbuhan daun encok biasa ditanam di seluruh Asia tropis sebagai tanaman obat dan tanaman hias. Tanaman yang tumbuh meliar ini bisa dijumpai dengan simpel di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Madura, dan Bali. Daun encok yang bisa dijumpai di habitat terbuka seperti padang rumput menjadi tanda kalau tumbuhan ini bisa hidup meliar di ladang dengan paparan sinar matahari langsung.

Bunga Kembang Sepatu

bunga-kembang-sepatu

Bunga kembang sepatu memiliki warna yang sangat memesona dan mempesona. Kemenawanannya ditambah juga dengan bentuk dan rasio bunganya yang berbagai macam, mulai dari berkelopak tunggal hingga berkelopak tumpuk yang begitu anggun. Bunga yang mendapatkan banyak pecinta ini sudah banyak ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Kembang sepatu tergolong tanaman yang tahan banting terhadap lokasi hidup yang panas. Oleh karena itu, bunga kembang sepatu juga tergolong ke dalam jenis tanaman tahan panas matahari.

Bunga Portulaca

bunga-portulaca

Bunga portulaca mungkin lebih familiar di telinga dengan sebutan bunga pukul sembilan. Dalam bahasa Inggris, portulaca diketahui sebagai moss rose atau happy hour. adalah tanaman hias pendek berupa rumput yang berbunga. Warna bunga pukul sembilan anggun dan berbagai macam (warna-warni). Bunga pukul sembilan hendak tumbuh maksimal kalau ditanam di dataran dengan intensitas cahaya sepanjang hari.

Baca Juga  Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Melati di Dalam Pot

Bunga Gaillardia

bunga-gaillardia

Sekilas bunga gaillardia mirip dengan bunga matahari karena kalau dilihat tampilannya memang sangat mirip. Hal tersebut wajar karena gaillardia tergabung dalam famili bunga matahari dengan warna bunga kuning atau merah dan bisa juga kedua warna tersebut bergradasi pada kelopaknya. Tanaman ini memiliki keistimewaan berupa toleran terhadap cuaca panas dan tanah yang kering sehingga banyak dijadikan sebagai bunga potong saat musim panas..

Bunga Kaliandra Merah

bunga-kaliandra-merah

Calliandra atau kaliandra adalah tanaman berbunga yang datang dari tumbuhan berbuah polong (legum) yang memiliki sekitar 200 jenis bagian. Bunga kaliandra yang berwarna merah mencolok dengan bunga polong yang panjang menjadi daya pikat tersendiri. Di Indonesia dan sebagian negara lain, kaliandra kerap ditanam sebagai tanaman penghijauan. Kaliandra merah juga toleran terhadap kondisi lahan yang kering sehingga tanaman hias tahan panas ini tidak terlalu haus hendak air.

Bunga Thunbergia

bunga-thunbergia

Thunbergia adalah tanaman rambat yang memiliki bunga memesona untuk menghias tempat tinggal kamu. Keberadaan bunga thunbergia hendak membikin salah satu sudut rumah kamu terdapat kesan sejuk, asri, dan memesona. Thunbergia yang dijumpai oleh seorang ahli botani asal Swedia bernama Carl Peter Thunberg ini juga tergolong tanaman hias yang tahan banting terhadap teriknya panas matahari.

Bunga Mandevilla Sendari

bunga-mandevilla-sendari

Selain thunbergia, ada juga mandevilla sendari, tanaman rambat berbunga anggun yang siap menawarkan suasana asri dan sejuk pada lingkungan rumah kamu. disebabkan tanaman penghasil bunga berwarna yang berbagai macam ini tumbuh merambat, sehingga keberadaannya sangat diperlukan sebagai naungan dan penutup dari satu tempat yang memerlukan pelindung dari sinar matahari.

Bunga Sikat Botol

bunga-sikat-botol

Mendengar namanya, mungkin sedikit jarang. Tapi memang seperti itu adanya, bunga sikat botol atau yang lebih universal dengan sebutan Callistemon ini adalah tanaman peneduh yang memiliki keelokan dan daya pikat yang tidak bisa ditolak oleh siapapun yang melihatnya. Bunga sikat botol adalah tanaman asli dari benua Australia yang bisa hidup di daerah-daerah dengan cuaca lumayan panas seperti sebagian kota besar di Indonesia.

Bunga Marigold

bunga-marigold

Marigold atau dalam bahasa latinnya adalah Tagetes adalah bunga yang memiliki bentuk unik, adalah gemuk membulat dengan kelopak yang saling menumpuk. Warna dari bunga marigold didominasi oleh kuning dan oranye. lazimnya, bunga marigold dijadikan sebagai bunga potong hiasan meja sebagai tanaman hias indoor. Selain di dalam ruangan, bunga marigold juga tidak mengalami masalah bila dijadikan tanaman hias gantung di luar rumah. kamu tidak mesti khawatir keindahannya dirusak oleh cuaca panas sebab marigold bisa dipastikan sebagai tanaman hias yang menyukai sinar matahari.

Bunga Angelonia

bunga-angelonia

Angelonia tergolong tanaman hias bunga dalam pot atau tabulampot yang juga bisa bertahan pada kondisi cuaca yang lumayan panas dampak matahari. Ada sebagian tanaman penghasil angelonia dan yang paling umum dijadikan tanaman hias indoor ataupun outdoor adalah angelonia pink, ungu, bicolor, dan putih.

Bunga Geranium

bunga geranium

Pada posisi paling buncit ada bunga geranium. Mendengar namanya saja, pasti sudah terbayangkan betapa indahnya dari bunga ini. Geranium atau yang diketahui juga dengan bunga Tapak Dara adalah tanaman hias yang sangat terkenal di Indonesia. Selain memesona, ternyata bunga ini juga memiliki sebagian kemampuan, adalah tahan terhadap cahaya matahari yang panas dan juga bisa mengusir nyamuk. Luar biasa, tidak?

demikianlah 24 jenis tanaman hias tahan panas matahari yang bisa meningkatkan ketenangan dan keelokan pada halaman rumah atau ruangan rumah kamu. kalau kamu masih bingung mau memelihara yang mana, cobalah pilih dari yang ukurannya kecil dan perawatannya yang simpel. Dengan rasio tanaman yang kecil, sehingga di setelah itu hari kamu bisa meningkatkan keasrian lingkungan rumah dengan meningkatkan jumlah tanaman hias dari jenis lainnya.

The post 24 Jenis Tanaman Hias Tahan Panas Matahari appeared first on Tanam Tanaman.

Sumber

Baca Juga Artikel ini:
Loading...
Tags:
    Bunga jungul ayam, bunga tahan panas, bunga tahan terik matahari, bunga2 tahan pa, jenis bunga yang tahan panas, nama bunga yang cocok di cuaca panas, tanaman daun tahan panas, tanaman hias gantung atau rambat yang tahan sinar matahari, 
Posting pada Tanaman Hias