10 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

Advertisement

Tanaman hias ternyata memiliki manfaat yang lain ketimbang hanya menjadi tanaman hias untuk dinikmati keindahannya. Selain manfaatnya sebagai penghias rumah, ternyata ada berbagai macam jenis tanaman hias memiliki manfaat lebih, diantaranya sebagai pembersih udara. Tanaman hias pembersih udara tentunya sangat bermanfaat untuk setiap orang yang rumahnya berada dikawasan perkotaan yang dipenuhi dengan polusi. Polusi tentunya aka mengurangi kualitas kebersihan dari oksigen disekitar kawasan tersebut, sementara kita semua tahu bahwa oksigen sangat kita butuhkan untuk kelangsungan hidup yakni berperan penting dalam proses respirasi.

Terdapat beberapa jenis tanaman hias, baik itu berasal dari jenis tanaman hias daun ataupun tanaman hias bunga yang dapat membersihkan polusi udara, hal ini didasarkan atas penelitian yang dilakukan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA). Adapun beberapa tanaman hias pembersih udara tersebut adalah Tanaman hias yang dalam ruangan yang mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang ada di udara. Sehingga bagi anda yang menanam atau merawat tanaman hias jenis ini di dalam maupun diluar rumah anda, maka udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan tentunya sangat sehat untuk dihirup bagi penghuninya.

Bagi anda yang mungkin tertarik untuk merawat tanaman hias pembersih udara di rumah anda agar udara di sekitar rumah anda menjadi sejuk dan sehat untuk dihirup, berikut tanamanhiasan.com berikan 10 rekomendasi tanaman hias pembersih udara.

Aneka Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

Berikut ini adalah Jenis Tanaman Hias yang memiliki fungsi sebagai Pembersih Udara:

1. Florist’s Chrysanthemum (Chrysanthemum morifolium)

florist’s-chrysanthemum
Jenis tanaman hias bunga yang satu ini sering juga disebut dengan ‘mum’. tanaman ini adalah tanaman hias bunga musiman yang indah. Jika kita merawatnya dengan baik dan benar, bunga ini bisa tahan 6 minggu. tanaman hias bunga ini dapat menyerap ammonia , xylene, formaldehyde dan benzene. Cara perawatannya yakni dengan meletakkan chrysanthemum pada tempat yang terkena cahaya, tetapi bukan cahaya langsung dari matahari. Periksa kelembaban tanahnya dan usahakan agar tetap lembab. Untuk tanaman yang satu ini, tidak perlu repot-repot memikirkan pupuk.

Baca Juga  Macam-Macam Media Tanam Bunga Anggrek

2. English Ivy (Hedera helix)

english-ivy
Tanaman hias English Ivy paling bagus anda letakkan di dalam ruangan rumah. Tanaman hias ini dapat menyerap partikel-partikel debu serta bulu halus sehingga tanaman ini sangat bermanfaat utamanya untuk penderita asma.

3. Dragon Tree

dragon-tree
Dragon tree adalah salah satu species yang berasal dari genus tanaman hias daun dracaena. Tanaman hias ini memiliki batang yang tinggi dengan batang yang keras dan daunnya panjang berwarna hijau tua. Karena dapat tumbuh tinggi, peletakannya sangat cocok pada sudut rumah ataupun kantor. Tanaman hias jenis ini kemampuannya tidak diragukan lagi dalam hal menyerap racun pada udara yang disebabkan oleh bensin, pernis.

4. Bunga Krisan

bunga-krisan
Bunga krisan dikenal juga sebagai bunga seruni. Tanaman hias yang satu ini memang terkenal sangat cantik. Selain kecantikannya, tanaman hias bunga krisan  juga beraroma wangi. Tanaman ini akan menghadirkan nauansa rileks dan sejuk pada rumah anda sehingga bisa menghilangkan sedikit stres.  Bunga ini memiliki kemampuan untuk  menyerap benzena dari (lem,plastik,cat dan deterjen

5. Aloe Vera – Lidah Buaya

tanaman-hias-daun-lidah-buaya
Lidah buaya atau yang dengan nama latinnya disebut Aloe vera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan ini ternyata mempunyai kemampuan sebagai penyerap polutan. Lidah buaya disinyalir mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.

Advertisement

6. Sirih Gading (Devil’s Ivy atau Golden Pothos)

sirih-gading
Sirih jenis ini mempunyai corak warna gading yang menarik untuk dipandang. Tanaman sirih ini, di luar negeri dikenal dengan sebutan devil’s ivy atau pothos. Tanaman hias ini akan terlihat sangat cantik apabila ditanam pada pot gantung di dalam ruangan rumah karena daunnya yang merambat akan menjuntai ke bawah. Sirih gading juga sangat cantik apabila digantung pada dinding rumah ataupun disimpan di sisi jendela kamar. Selain itu, dapat pula diletakkan pada kamar mandi dengan pot bentuk yang transparan. Daun dari tanaman ini dapat membersihkan udara dengan cara menyerap racun-racun dari berbagai macam polutan di udara.

Baca Juga  Serba-Serbi Tanaman Hias Minimalis

7. Spider Plants

tanaman-hias-daun-spider-plant
Tanaman hias satu ini bentuknya menyerupai laba-laba, oleh karenanya dikenal sebagai spider plant. Tanaman ini dapat membuang zat karbon monoksida dan nitrogen dioksida yang ada di dalam  ruangan.  Dengan meletakkan tanaman ini dalam waktu 24 jam maka ruangan akan bebas dari zat-zat polutan. tanaman pembersih udara ini mampu menyerap benzena,formaldehida,kaarbon monoksida,bahan kimia pada industri kulit,karet dan percetakan.

8. Snake Plants or Mother of Law Tongue / Lidah mertua (Sansevieria trifasciata)

Tanaman hias lidah mertua
Tanaman hias pembersih udara yang satu ini sangat mudah dirawat karena bisa tumbuh di mana saja.  Tanaman ini bagusnya ditanam sepanjang pagar sebagai penangkal polusi, dapat juga diletakkan di kamar mandi atau tempat gelap, karena tanaman ini masih tetap dapat tumbuh di tempat gelapsekalipun.

9. Golden Photos (Epipremnum aureum)

golden-pothos
Tanaman hias ini adalah salah satu jenis tanaman hias indoor. Golden photos dapat tumbuh di segala kondisi cahaya. Tanaman ini memiliki manfaat mengatasi zat-zat seperti toluene, karbon monoksida, formaldehyde, xylene, benzene, dll.

10. Peace Lily (Spathiphyllum)

Tanaman hias peace lily
Bunga putih bersih menyerupai Kuncup tulip ini tumbuh tegap dengan daunnya yang hijau pekat. Tanaman hias yang satu ini, idealnya diletakkan pada sisi jendela kamar tidur yang akan memberikan asupan oksigen segar.

Demikianlah beberapa rekomendasi tanaman hias pembersih udara. Sangat penting memang untuk tetap menjadikan udara di rumah hunian anda tetap segar dan sehat, mungkin dengan menanam tanaman hias diatas dapat menjaga kesejukan dan tersedianya oksigen yang bersih untuk anda.

Gallery for 10 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara