10 Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

By On Thursday, October 27th, 2016 Categories : Tanaman Obat
Advertisement

Tanaman Obat Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat berperan penting dalam tubuh kita. Organ ini memiliki fungsi utama dalam hal ekskresi untuk menyaring berbagai kotoran atau racun yang ada pada darah dan membuangnya melalui urin. Karena perannya yang sangat penting maka sangat dianjurkan untuk anda untuk menjaga dengan baik kesehatan ginjal. Namun, pada beberpa kasus, Ginjal bisa saja mengalami gangguan seperti: Gagal ginjal, Batu ginjal, Ginjal bocor, Infeksi ginjal dan lain-lainnya yang megakibatkan suatu masalah pada ginjal dan bahkan bisa terjadi peradangan pada organ yang dimaksud.

Agar kesehatan ginjal anda tetap terjaga, anda bisa melakukan pemeriksaan secara rutin ke Dokter spesialis atau anda juga bisa mencoba cara alternatif yakni dengan menggunakan tanaman obat uang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Pada postingan ini anda akan diberikan beberapa tanaman obat untuk menjaga kesehatan ginjal dan menyembuhkan beberapa masalah pada ginjal.

Sebenarnya ada banyak sekali tanaman obat untuk menjaga kesehatan ginjal. Namun, tanamanhiasan.com akan merangkum 10 tanaman obat untuk menjaga kesehatan ginjal.

tanaman obat untuk menjaga kesehatan ginjal

10 Tanaman obat untuk menjaga kesehatan ginjal

Ini dia daftar Tanaman Obat Herbal Untuk Ginjal yang bisa sobat ketahui :

Seilahkan Beli Tanaman / Benih Langsung di Tokopedia Kami

  1. Air kelapa muda : Kandungan dalam air ini berupa : Vitamin C, Asam Folat, Asam Kalsium, Kalium, Magnesium, Nikotinat, Asam Pantotenat, Biotin, Riboflavin, Vitamin B Kompleks, Alanin, arginin, Asam glutamat, Thiamin. Fungsinya mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih. Caranya mengkonsumsi air degan ini secara rutin minimal 1x sehari.
  2. Lobak Putih : Sayur ini mengandung serat, Asam oksalat, Minyak atsiri, Fosfor, Beta karoten, Asam Folic, Kalsium, Mangan, Kolin, Niasin, Zat besi, Vitamin A, B1, B2, C, dan Vitamin E. Lobak putih bersifat diuretik yang sangat berguna untuk melancarkan saluran kencing. Untuk cara konsumsi bisa dijadikan sayur atau dibuat jus.
  3. Biji Mahoni : Tanaman obat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan reproduksi pada pria maupun wanita. Cara penyajian pun sangat mudah. Cukup haluskan sekitar 3 biji mahoni kemudian diminum dengan air hangat sebanyak 2x sehari. Fungsinya sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.
  4. Daun Tempuyung : Pada tanaman ini terdapat senyawa berupa : Kalium, Flavonoid, Inositol, Taraksaterol, Silica, Alfalaktuserol, Batalaktuserol dan manitol sehingga berkemampuan untuk melancarkan saluran kemih (diuretik) manfaat lainnya yaitu mampu mengatasi peradangan pada ginjal. Cara menggunakan yaitu dengan menyeduh daun kering bubuk secukupnya. Minum paling tidak 2x sehari.
  5. Daun Sukun. Tanaman ini mampu untuk menyembuhkan gagal ginjal dan pembesaran prostat. Untuk cara konsumsi cukup seduh 1 sdm daun kering yang sudah dihaluskan dengan 100cc air hangat. Minum 1x sehari secara rutin.
  6. Kulit Semangka. Jika sobat mengalami infeksi pada ginjal, mungkin menggunakan bahan ini akan sangat membantu. Cukup seduh 1 sdm bubuk kulit semangka kering dengan 100cc air hangat. Minum 2x sehari. Tak kalah menarik >> Manfaat Dan Khasiat Biji Semangka Bagi Kesehatan
  7. Daun Sambung Nyawa. Banyak sekali manfaat dari tanaman ini dan salah satunya ialah berkaitan dengan penyakit ginjal. Senyawa didalamnya berupa : flavonoida, saponin, steroid, dan tanin. Resepnya cukup merebus 7 helai daun dengan 2 gelas air hingga mendidih. konsumsi 1/2 gelas sebanyak 3x sehari.
  8. Jarum Tujuh Bintang. Tanaman obat ini memang mempunyai nama yang pantas dengan manfaatnya. Sangat membantu dalam penyembuhan penyakit ginjal yang disebabkan oleh infeksi. Resep : Tumbuk kasar sekitar 15 lembar daun. Rebus dengan 400cc air. Minum 2x sehari.
  9. Biji Pepaya : Selain dikonsumsi daging buahnya, biji dari pepaya juga bisa dijadikan obat herbal. Khasiatnya juga boleh dibilang cukup banyak serta cara penggunaannya sangat mudah. Cukup jemur biji hingga kering, sangrai sebentar dan tumbuk hingga halus. Untuk meminum, cukup seduh 1 sdt dengan 1/2 air hangat.
  10. Akar Wangi. Mengandung senyawa Minyak Atsiri, Asam Vevitena, Asetat Vetivenyl,
    Vetiverol, Vetiverol Ester, dan Vetiveron. tumbuhan obat ini bermanfaat untuk mencegah gagal ginjal.

Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Tanaman Obat Herbal Untuk Ginjal. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan. Terimakasih telah berkunjung 🙂

Baca Juga  7 Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Tulang
Advertisement
10 Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal | Tanaman Hias | 4.5