Kandungan dan Manfaat Tanaman Hias Srigading

By On Tuesday, August 30th, 2016 Categories : Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga
Advertisement

Manfaat Tanaman Hias Srigading– Srigading adalah pohon kecil atau semak yang biasa ditanam di pekarangan rumah. Tumbuhan ini aslinya berasal dari Asia Selatan, meskipung bentuk tanamannya tidak begitu indah namun banyak ditanam karena harum bunganya yang menyeruak di malam hari. Dengan warna mahkota bunga yang khas, bunganya mekar setelah matahari terbenam. Pada siang hari bunga yang mekar pada malam sebelumnya luruh. (Wikipedia)

Srigading memiliki nama latin Nyctanthes arbor-tristis L. Srigading Nyctanthes adalah salah satu tanaman herbal yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan bunga melati. Karena hal tersebutlah yang menjadikan tanaman ini juga disebut dengan melati malam (night-flowering Jasmine).

Tanaman Hias Srigading ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat yang baik karena mengandung senyawa-senyawa yang berkhasiat sebagai obat.Tanaman ini menurut hasil penelitian memiliki nilai antioksidan yang tinggi.

manfaat tanaman hias srigading

Manfaat dan Khasiat Srigading atau Sirih Gading

Hampir semua bagia dari tanaman srigading memiliki khasiat sebagai obat. Akar, batang, daun, dan bunganya mengandung zat-zat tertentu yang baik untuk tubuh.

Hasil penelitian tim medis juga mangatakan bahwa, Srigading mempunyai khasiat sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kandungan dan manfaat tanaman hias srigading, silahkan simak ulasannya dibawah:

  • Perawatan sehabis persalinan, haid tidak lancar, rematik, ruam kulit, kusta, dan cacingan pada anak.
  • Batuk, radang saluran napas, sembelit dan menghilangkan ketombe.
  • Merangsang kekebalan tubuh
  • Menjaga dan melindungi liver
  • Mempunyai aktivitas antioksidan yang tinggi
  • Dapat menyembuhkan penyakit Bronchitis
  • Bersifat diuretik dan anti inflammantory
  • Mengandung anti bakteri dan anti funggi, dll

Kandungan dan Manfaat Srigading

  1. Daun srigading mengandung: D-mannitol, β-sitosterol, flavanol glycosides, astragalin, nicotiflorin, oleanolic acid, nyctanthic acid, tannic acid, ascorbic acid, methyl salicylate, an amorphous glycoside, an amorphous resin, trace of volatile oil, carotene, friedeline, lupeol,mannitol, glucose, fructose, iridoid glycosides, and benzoic acid yang berfungsi sebagai Antibacterial, Anthelmintic, Anti-inflammatory, Hepatoprotective, Immunopotential, Anti pyretic, Antioxidant and Anti funga
  2. Bunga srigading mengandung: minyak essensial, nyctanthin, D-mannitol, tannins, glucose,carotenoids, glycosides termasuk β-monogentiobioside ester of α-crocetin ( crocin-3), β-monogentiobioside-β-D monoglucoside ester of α-crocetin, and β-digentiobioside ester of α-crocetin yang berfungsi sebagai Diuretic, Anti-bilious, Antioxidant, Anti-inflammatory, Sedative and Antifilarial.
  3. Biji srigading mengandung: arbortristosides A and B; glycerides of linoleic, oleic, lignoceric,stearic, palmitic and myristic acids; nyctanthic acid; 3,4-secotriterpene acid; and a water soluble polysaccharide composed of D-glucose and D-mannose yang dapat berfungsi sebagai Antibacterial, Antifungal, Immunomodulatory and Antileishmanial, dan masih banyak lagi.
Baca Juga  Manfaat Tanaman Hias Pakis untuk Kesehatan

Demikianlah informasi singkat mengenai kandungan dan manfaat tanaman hias srigading, semoga bermanfaat 🙂

Advertisement
Kandungan dan Manfaat Tanaman Hias Srigading | Tanaman Hias | 4.5