Manfaat Tanaman Hias Puring untuk Kesehatan

By On Monday, January 25th, 2016 Categories : Manfaat Tanaman Hias, Tanaman Hias, Tanaman Hias Daun
Advertisement

Manfaat tanaman hias puring – Tanaman hias yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda, bentuknya yang indah serta daunnya yang beraneka ragam warna membuatnya menjadi salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer. Tanaman hias daun puring ini memliki nama latin Codiaeum variegatum, adapun sebutan untuk tanaman hias ini adalah tarimas, puding, croton,katomas, susurite dan masih banyak lagi.

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, tanaman hias puring juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ada berbagai macam manfaat atau khasiat yang dapat anda peroleh dari tanaman hias daun yang satu ini. Untuk itu pada kesempatan ini tanamanhiasan.com akan memberikan ulasan mengenai Manfaat tanaman hias puring untuk kesehatan.

Khasiat Tanaman Hias Puring

Tanaman bergetah yang mengandung tanin dalam farmakologi Cina dinyatakan memiliki rasa yang pahit bersifat dingin dan beracun. Puring dinyatakan mampu melancarkan peredaran darah, peluruh keringat dan sebagai pencahar ringan. Bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan yaitu, daunnya, ranting yang masih muda, akar dan kulit batang.

  • Dalam sifat KIMIAWI:
    Tumbuhan ini kandungan kimianya belum banyak diketahui kecuali getahnya mengandung tanin.
  • EFEK FARMAKOLOGIS:
    Dalam farmakologi Cina disebutkan tanaman ini memiliki rasa pahit, dingin, beracun.
    Melancarkan peredaran darah, peluruh keringat dan pencahar ringan.Akar dan kulit batang mempunyai rasa pedas, yang berkurang bila digodok bersama dengan scutellaria. Bagian TANAMAN YANG DIGUNAKAN: Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan daun, ranting muda, akar dan kulit batang.

manfaat-tanaman-hias-puring

Dari  beberapa literatur mengenai berbagai macam tanaman obat di berbagai negara, tanaman ini memiliki manfaat yang lumayan banyak untuk mengatasi masalah kesehatan, diantaranya:

Seilahkan Beli Tanaman / Benih Langsung di Tokopedia Kami

1. Perut mulas
Apabila anda mengalami perut yang terasa mual, anda bisa menggunakan tanaman hias puring untuk menghilangkannya. Caranya dengan mengambil akar puring seukuran satu jari ditambah 3 helai daun dadap (Euphorbia neriifolia L) dihaluskan, tambahkan airsecukupnya lalu saring dan diminum. Setelahnya akansedikit diare karena berkhasiat pencahar, namun rasa mulasnya hilang.

Baca Juga  Manfaat Sansevieria Sebagai Tanaman Hias Obat dan Pembersih Udara

2. Sakit perut pada anak-anak
Apabila anak anda mengalami sakit perut, anda bisa mencoba tanaman hias satu ini sebagai alternatif obat, caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal menggunakan daun puring yang masih muda dan segar yang berwarna kuning, dihaluskan dengan sedikit air sampai seperti bubur. Balurkan ramuan ini pada perut anak.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Hias Bunga Tapak Dara

3. Sifilis
Apabila anda atau orang terdekat anda mengalami penyakit kelamin yang satu ini, anda bisa mencoba untuk memanfaatkan khasiat yang dikandung dari tanaman hias puring. Caranya dengan merebus satu batang puring yang masih utuh dengan 5 gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring air rebusan tersebut lalu dibagi untuk 3 kali minum.Dapat menggunakan gula.

4.Sukar berkeringat, eksema
Minum air rebusan daun puring secukupnya.

5.Cacingan, nafsu maka berkurang
Jika anda ataukah anaka anda mengalami cacingan ataupun kurang nafsu makan, bisa menggunakan tanaman hias ini dengan cara meminum rebusan ranting muda secukupnya.

6.Sembelit kejang lambung, kehilangan selera, penyakit saluran kencing pada anak-anak.
Minum rebusan akar dan kulit batang puring secukupnya.

Mungkin sekian informasi  mengenai manfaat tanaman hias puring untuk kesehatan, semoga postingan ini bermanfaat bagi anda dan menambah pengetahuan bagi anda bahwa tanaman hias ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kita.

Referensi Tulisan:
1. www.hobianekausaha.com
2. tipspetani.blogspot.co.id

Advertisement
Manfaat Tanaman Hias Puring untuk Kesehatan | Tanaman Hias | 4.5