Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua untuk Kesehatan dan Lingkungan

By On Friday, January 29th, 2016 Categories : Tanaman Hias
Advertisement

Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua – Tanaman hias yang satu ini mempunyai nama yang terbilang cukup unik, yakni lidah mertua. Sebagian orang menyebutnya pedang-pedangan dikarenakan berntuknya yang memanjang menyerupai pedang. Saat ini tanaman hias lidah mertua terdapat dalam berbagai macam varian, tidak hanya berbentuk memanjang ada juga lidah mertua dengan bentuk mini dan unik. Nama populer lain untuk tanaman hias ini adalah sansevieria.

Tanaman hias lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias yang kerap kali dijadikan sebagai tanaman hias indoor ataupun tanaman hias outdoor. Cara menanam dan merawat tanaman hias lidah mertua juga terbilang cukup mudah. Pada saat memasuki bulan kemarau, meskipun tanaman hias ini tidak disiram selama 1 minggu, tanaman ini akan tetap bertahan. Sama halnya dengan cara menanam dan merawatnya, tanaman ini juga sangat mudah untuk anda kemangbiakkan, anda bisa mengembangbiakkannya dengan cara memisahkan tunas-tunas baru yang ada di sekitar rumpun, atau bisa pula dengan memotong kecil daunnya dan disemaikan atau dengan ditancapkan (stek) pada media tanah gembur, kadar air cukup, serta dibawah sinar matahari. Selang beberapa minggu dari daun-daun yang di potong tadi akan tumbuh akar-akar baru dan dengan tunas-tunas kecil. Untuk cara kedua ini, hasilnya dapat membentuk tanaman lidah mertua yang unik dan mini, serta tidak sama dengan induknya. Lidah mertua mini dan unik ini cocok ditanam di pot dan ditaruh di ruangan. Seringkali saya lihat tanaman ini ditaruh di meja-meja kantoran, bank, dan restoran.

manfaat-tanaman-hias-lidah-mertua

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

 

Nah selain dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang cantik dan unik, tanaman hias lidah mertua juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan lingkungan, berikut 10 Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua :

Baca Juga  Aneka Macam Jenis Tanaman Keladi Hias

Manfaat untuk diri dan lingkungan

  1. Tanaman hias lidah mertua dapat menyerap sekitar 107 jenis polutan udara pada daerah yang padat lalu lintas serta ruangan yang penuh dengan asap rokok. Disetiap helai daun sansevieria terdapat zat pregnane glycoside, dimana zat ini dapat mengurai zat beracun jadi senyawa organik, gula, serta asam amino. Zat beracun yang telah diurai, contohnya karbondioksida, benzen, xilen, formaldehid, triklorotilen dan koloroform.
  2. Di dalam ruangan , tanaman hias lidah mertua dapat mengatasi sick building syndrome,yakni keadaan ruangan yang tak sehat karena tingginya konsentrasi gas korbondioksida, nikotin rokok, serta pemakaian AC. 1 tanaman lidah mertua berjenis trifasciata lorentii dewasa dengan daun 4/5 helai mampu menyegarkan kembali udara di dalam ruangan seluas 20 m persegi.
  3. Tanaman hias lidah mertua yang berjenis trifasciata lorentii , apabila anda masukkan kedalam kulkas dengan bentuk ptongan-potongan kecil sekitar 5cm bisa menghilangkan bau aroma tak sedap. Pada lingkungan industri potongan daun ini seringkali disebarkan pada ruang-ruang produksi industri bertujuan untuk mereduksi senyawa beracun yang sudah terhirup oleh para pekerja.
  4. Tanaman hias ini bisa mereduksi radiasi gelombang elektromaghnetik yang dikeluarkan komputer dan televisi. Maka sangat baik bila tanaman ini jika ditaruh disamping televisi atau komputer.
  5. Sansivieira adalah jenis tanaman yang mampu menghasilkan oksigen tinggi. Klorofil melimpah yang dikandungnya akan membantunya mempercepat melakukan fotosintesis, sehingga tingkat oksigen yang di hasilkan tinggi. Sangat baik di letakkan di ruang kumpul yang biasa di pakai merokok. Yakni sebagai penetralisir asap rokok yang mampu meracuni anggota keluarga yang lain.
  6. Bau khas bisa di keluarkan oleh lidah mertua. Beberapa Negara maju seperti Chinna dan Perancis juga menerapkan hal tersebut sebagai parfum. Sangat cocok untuk di semprotkan di kamar mandi maupun dapur yang kerap meninggalkan bau bau menyengat
  7. Tanamana lidah mertua ternyata juga bisa di gunakan sebagai obat. Wasir merupakan salah satun penyakit yang menyebabkan penderitanya susah menjalani buang air besar. Untuk membantu melancarkan proses pembuangannya yakni dengan menggunakan lidah mertua. Sebab tanaman ini kaya akan serat yang membantu untuk memperbaiki pencernaan.
  8. Sakit kepala memang sangat mengganggu anda saat menjalani aktivitas baik ringan maupun berat. Meskipun tergolong penyakit ringan, namun hal ini menjadi gangguan untuk diri anda. Oleh sebab itu perlu dilakukan penyembuhan dahulu. Salah satunya dengan menggunakan tanaman lidah mertua yang di bakar.
  9. Sansiviera cukup ampuh untuk mengatasi penyakit degenerative parah sepeti diabetes. Penyakit ini menyebabkan anda tidak bisa memakan makanan manis karena kadar gula dalam darah sudah tinggi. Untuk membantu menetralkan dengan menggunakan ramuan daun lidah buaya yang sudah di rebus. Tunggulah dingin lalu ambil sarinya dan di minum.
  10. Tanaman ini juga mempunyai fungsi sebagai anti racun yang baik. Tanaman hias ini dapat dijadikan sebagai antiseptic untuk membunuh kuman. Ketika anda jatuh dan terluka, maka debu debu yang bertebangan di udara bisa menjadi virus yang berkembang jika masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk itu di perlukan antiseptic yang aktiv membunuh kuman.
Baca Juga  6 Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan

Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Kesehatan

Sebagai antibiotika, radang, kencing manis, flu, tekanan darah tinggi, gigitan ular. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman lidah mertua, yakni pada daunnya punya kandungan abamagenin, kardenolin, polifenol dan saponin.

Baca Juga: Manfaat Sansevieria Sebagai Tanaman Hias Obat dan Pembersih Udara

Cara penggunaan :

Untuk mengatasi Tekanan Darah Tinggi, digigit ular, diare, radang saluran nafas, radang usus dan radang lambung:

Jika anda ingin memanfaatkan tanaman ini untuk mengatasi Tekanan Darah Tinggi, digigit ular, diare, radang saluran nafas, radang usus dan radang lambung, anda tinggal mencuci hingga bersih 27 gram akar lidah mertua kering, kemudian merebusnya dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. kemudian setelah dingin saring, dan hasil saringan tersebut diminum dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Untuk mengatasi influenza, kencing manis, batuk

Untuk pemanfaatannya mengatasi influenza, kencing manis dan batuk. Anda tinggal mencuci sampai bersih sekitar 25 buah lidah mertua, kemudian merebunya dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Jika sudah dingin, anda tinggal menyaring rebusan tadi kemudian minum dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Demikian Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua semoga artikel ini dapat memberikan informasi serta menambah pengetahuan tentang anda.

Advertisement
Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua untuk Kesehatan dan Lingkungan | Tanaman Hias | 4.5