6 Manfaat Tanaman Hias Bunga Cempaka serta Jenisnya

By On Friday, August 12th, 2016 Categories : Manfaat Tanaman Hias, Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga
Advertisement

Manfaat Tanaman Hias Bunga Cempaka – Cempaka merupakan sebutan bagi beberapa jenis tumbuhan anggota suku Magnoliaceae, marga (genus) Magnolia arti luas (sensu lato,s.l.). Dalam percakapan sehari-hari, yang dimaksud cempaka biasanya adalah cempaka wangi atau yang di Aceh dikenal sebagai bungong jeumpa (Magnolia champaca sinonim Michelia champaca L.). Di Sunda disebut campaka, dalam bahasa Jawa pohon itu disebut kanthil. Tumbuhan ini berasal dari India dan menjadi sumber wewangian. Namanya diambil dari nama dalam bahasa Sanskerta. (wikipedia)

Tanaman hias bunga ini terkenal dengan wangi dan warna bunganya. Tanaman hias bunga cempaka ada beberapa jenis berdasarkan warna bunganya, diantaranya:

Jenis-jenis Tanaman Hias Bunga Cempaka

1. Bunga Cempaka Ungu

Sebagian besar orang mungkin masih belum terlalu mengetahu bunga hias cempaka, karena memang bunga ini sangat jarang tumbuh didataran rendah. Tanaman hias bunga cempaka ini baru bisa tumbuh dengan baik dan mengeluarkan bunga yang cantik pada dataran tinggi atau daerah dengan suhu 20 – 60°C. Bunga cempaka ungu ini mempunyai nama latin Magnolia Liliaflora, jenis bunga cempaka ini tidak memiliki banyak daun dan aromanya menyerupai bau pisang. Bunga Cempaka ini seperti namanya, mempunyai bunga berwarna ungu muda dan biasanya tumbuh diawal musim penghujan.

2. Bunga Cempaka Merah

Bunga cempaka merah ini adalah jenis bunga cempaka yang cukup sulit untuk dibudidayakan. Bunga cempaka ini asalnya dari Cina dan pertumbuhanya lambat. Selain itu jenis tanaman hias cempaka ini sangat langka dan waktu merkar bunganya sangat singkat.

3. Bunga Cempaka Kuning

Bunga cempaka kuning adalah jenis bunga cempaka yang warna bunganya berwarna putih kekuning-kuningan atau kuning serta memiliki aroma yang harum. Karena aromanya yang wangi, bunga ini mendapat julukan cempaka wangi, Pohon dari bunga cempaka wangi ini dapat tumbuh hingga ketingian 25 m dan mempunyai daun bulat yang bulat seperti langset. Untuk mengembangbiakkan Cempaka Kuning, dapat ditanam bijinya atau mungkin dapat dikembangbiakkan dengan cara cangkok.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Anggrek Bulan

4. Bunga Cempaka Putih

Bunga cempaka putih mungkin adalah jenis bunga cempaka yang sudah tidak asing lagi.  Bunga ini sering disebut dengan kanthil dan memiliki nama latin Michelia Alba. Tanaman hias bunga cempaka putih dapat tumbuh dengan hingga ketinggian 30 meter. Bunga dari Cempaka Putih berwarna agak kehijau-hijauan ketika masih kuncup, dan lama kelamaan ketika akan mekar berubah berwarna putih. Cempaka Putih atau Kantil, biasanya digunakan untuk membuat roncean pengantin yang dipadukan dengan bunga melati.

Manfaat Tanaman Hias Bunga Cempaka

Selain jenisnya yang beragam dilihar dari warna bunga dan aromanya, bunga cempaka juga ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat tanaman hias bunga cempaka untuk kesehatan, bisa anda lihat dibawah:

1. Mengobati vertigomanfaat tanaman hias bunga cempaka

Vertigo adalah salah satu jenis penyakit yang banyak dialami masyarakat luas. Efek yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah hilangnya keseimbangan penderita dan seolah berputar. Pengindap penyakit ini akan mengalami gangguan tidur bedrest hingga efek yang ditimbulkan oleh vertigonya hilang. Namun, tahukah anda jika tanaman bunga cempaka ini bisa menyembuhkan atau mengobati penyakit ini dengan merebus 7 kuntum cempaka kering dalam 500 ml air. Hasil rebusannya diminum secara rutin.

2. Menyembuhkan Perut Kembung

Untuk anda yang mengalami perut kembung karena masuk angin, bisa menyembuhkannya dengan mengambil manfaat bunga cempaka untuk kesehatan ini. Caranya cukup dengan merebus bunga cempaka dengan campuran jahe, kapulaga dan  kulit jeruk keprok kering. Dengan meminum campuran rebusan beberapa ramuan tradisional tersebut, kulit kembung yang menyerang dapat segera diatasi.

3. Mengatasi batuk berdahak

Selain dapat mengobati perut kembung, bunga cempaka juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan batuk berdahak. Cara yan anda lakukan adalah dengan merebus bunga cempaka dengan jahe serta kulit jeruk yang sudah kering. Campuran ramuannya harus lebih kental. Penyakit infeksi lain seperti peradangan pada saluran pernafasan dapat disembuhkan juga dengan air rebusan bunga cempaka.

Baca Juga  25 Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium

4. Menghilangkan Bau Badan

Sebagian besar orang pasti mengalami masalah bau badan, dan tak jarang rasa peracaya diri akan berkurang jika sedang bersama dengan orang lain dan badan berbau. Dengan memanfaatkan bunga cempaka yang terkenal dengan wanginya, anda bisa mengurangai bahkan menghilangkan bau badan yang tak sedap akibat banyaknya keringat dan bakteri yang menempel dalam tubuh. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan merebus segenggam bunga cempaka, biasanya yang digunakan adalah bunga Cempaka Putih. Bunga cempaka kemudian direbus dalam 1 liter air. Air rebusan bunga cempaka tersebut lalu diminum secukupnya, dan air sisanya dapat digunakan untuk mandi agar bau badan hilang seketika.

5. Mengobati keputihan wanita

Masalah kewanitaan yang satu ini juga bisa diataasi dengan memanfaatkan bunga cempaka. Keputihan sendiri pada dasarnya diakibatkan karena infeksi viirus, jamur, bakteri dan parasit. Agar organ kewanitaan tetap bersih dan terjaga kesehatannya, manfaatkan bunga cempaka dengan cara merebus bunga cempaka kering ditambahkan dengan kulit delima dan daun jali. Hasil rebusannya kemudian diminum secara rutin.

6. Mengobati penyakit bronkitis

Tanaman hias bunga cempaka juga dapat mengatasi penyakit yang lain disebabkan oleh infeksi, jamur, bakteri dan virus seperti sinus, penyakit bronkitis.

Demikianlah informasi singkat dari tanamanhiasan.com mengenai manfaat tanaman hias bunga cempaka beserta jenisnya. Semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung :).

Advertisement
6 Manfaat Tanaman Hias Bunga Cempaka serta Jenisnya | Tanaman Hias | 4.5