8 Manfaat Tanaman Bunga Turi Untuk Kesehatan Tubuh

By On Friday, September 16th, 2016 Categories : Manfaat Tanaman Hias, Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga
Advertisement

Manfaat Tanaman Bunga Turi – Bunga turi adalah jenis tanaman bunga yang sering dijumpai dipekarangan rumah. Tanaman bunga ini memiliki nama latin Sesbania grandiflora. Bunga turi berasala dari Asia Tenggara dan Selatan, namun kini tersebar diberbagai macam daerah yang berdaerah tropis. Turi merupakan pohon yang berkayu lunak dan berumur pendek. Tingginya dapat mencapai 5-12 m.Akarnya berbintil-bintil dan berguna untuk menyuburkan tanah. Bunganya besar dan keluar dari rantingnya. Bunganya apabila mekar, berbentuk seperti kupu-kupu.Warna bunganya ada yang merah dan ada juga yang putih.

Ada juga yang berwarna gabungan kedua-duanya.Letaknya menggantung dengan 2-4 bunga dan bertangkai, kuncupnya berbentuk sabit. Rantingnya menggantung, kulit luar berwarna kelabu hingga kecoklatan. Kulit luarnya ini tidak rata dengan alur membujur dan melintang tidak beraturan dengan lapisan gabus yang mudah terkelupas. Pada bagian dalam, batangnya berlendir dan berair yang berwarna merah, dan rasanya pahit. Percabangan baru keluar apabila panjangnya sudah mencapai 5 meter. Daunnya majemuk dan tersebar. (wikipedia)

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, tanaman bunga turi juga memiliki beraneka ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat tanaman bunga turi diantaranya:

Manfaat tanaman bunga turi

tanaman bunga turi

Manfaat Tanaman Bunga Turi Untuk Kesehatan Tubuh

1. Obat sariawan
Bunga Turi dipercaya dapat mengobati sariawan. Cara penggunaannya yakni dengan menyediakan kulit batang bunga turi yang masih fresh, kemudian diremas dengan air. Hasil dari air remasan tadi digunakan untuk berkumur. Anda juga dapat merebus kulit batang daari bunga turi tersebut kemudian meminum air rebusannya.

2. Obat sakit tenggorokan
Selain mengobati sariawan, manfaat tanaman bunga turi lainnya adalah dapat dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan. Caranya dengan mengambil daun bunga turi. Kemudian membersihkannya terlebih dahulu dan diremas dengan air masak. Air hasil remasan digunakan untuk berkumur.

Seilahkan Beli Tanaman / Benih Langsung di Tokopedia Kami

3. Batuk berdarah serta disentri
Ada berbagai macam manfaat tanaman bunga turi yang bisa anda peroleh diantaranya, dapa mengobati batuk berdarah serta disentri. Caranya dengan menyediakan kulit batang bunga turi yang masih fresh sebesar ibu jari. Kemudian kulit batang tersebut dicuci hingga bersih, laludirebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih. Nah, hasil rebusan tadi diminum setelah dingin. Lakukan hal ini selama 2 x 1 hari.

4. Kuku bengkak
Untuk anda yang kakinya bengkak, bisa mengambil manfaat dari tanaman hias bunga yang satu ini. Caranya, yakni dengan mengambil daun bunga turi lalu ditumbuk hingga lumat. Hasil tumbukan tadi dioleskan ke bagian kuku yang sakit atau bengkak. Agat tidak terlepas bungkus dengan kain atau perban, ubah ramuan ini tiga hingga empak kali satu hari.

5. Obat keputihan
Tanaman bunga turi juga bermanfaat untuk wanita yang mengalami keputihan. Caranya dengan menyediakan bunga turi putih yang fresh sebanyak satu gengam. Selain itu sediakan pula kunyit sebesar ibu jari. Kemudian daung bunga turi dan kunyit tadi dibersihkan dan digiling hingga lumat. Berikan 3/4 cangkir air masak, aduk-aduk lalu peras saring ambillah airnya, lalu minum 2 x satu hari.

6. Obat batuk
Jika anda memiliki keluarga atau teman dekat, atau bahkan anda sendiri yang sering mengalami batuk. Anda bisa mencoba mengkonsumsi ramuan dari tanaman bunga turi ini. Caranya, dengan menyediakan bunga turi serta daun inggu. Masing-masing sebanyak satu genggam, setelah itu tumbuk keduanya hingga lumat dan berikan perasan air jeruk nipis sebanyak satu buah. Aduk hingga merata, dan ambil air hasil perasan tersebut dan minum.

7. Obat sakit kepala
Jika anda sering mengalami sakit kepala, mungkin salah satu solusi terbaik dengan mencoba obat herbal dari ramuan tanaman bunga turi. Caranya, Sediakan daun bunga turi sejumlah satu genggam, bersihkan lalu tumbuk hingga halus, berikan satu gelas air masak peras saring ambillah airnya, lalu minum.

8. Menambah ASI
Manfaat bunga turi juga sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui karena dengan mengkonsumsi ramuan dari tanaman bunga ini, maka air ASI dapat bertambah. Caranya, cukup sediakan bunga turi fresh serta daunnya yang masih muda, menjadikan lalapan teman makan nasi.

Demikianlah manfaat tanaman bunga turi untuk kesehatan tubuh, mudah-mudahan bisa berguna serta memberi pengetahuan untuka anda semua. Terimakasih telah berkunjung di tanamanhiasan.com 🙂

Advertisement
Baca Juga  Syarat untuk Memilih Tanaman Hias Indoor
8 Manfaat Tanaman Bunga Turi Untuk Kesehatan Tubuh | Tanaman Hias | 4.5