Contoh Tanaman Hias untuk Taman Minimalis

By On Monday, November 2nd, 2015 Categories : Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga, Tanaman Hias Daun, Tanaman Hias Outdoor
Advertisement

Hampir sebagian besar rumah saat ini memiliki desain yang minimalis, dengan ukurannya yang minimalis pastinya ruangan yang tersedia juga pasti minim. Contohnya untuk bagian taman sendiri pasti hanya mendapatkan sedikit lahan. Setiap orang pastinya ingin membuat rumahnya nyaman dan indah, nah untuk memenuhi hal tersebut salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat taman dengan berbagai tanaman hias, baik itu tanaman hias bunga ataupun tanaman hias daun.

Dengan taman yang minimalis, anda tidak perlu khawatir tidak bisa mempercantik rumah hunian anda dengan menanam tanaman hias. Ada berbagai macam contoh tanaman hias yang cocok anda tanam pada taman minimalis anda. Pada postingan kali ini tanamanhiasan.com akan memberikan rekomendasi beberapa contoh tanaman hias untuk taman minimalis yang cantik dan mudah untuk merawatnya.

1. Sri Rejeki atau Pincut Aglaonema

Tanaman hias daun aglaonema

Aglaonema

Aglaonema, sri rejeki, atau disebut juga chinese evergreen adalah salah satu tanaman hias daun populer yang mempunyai warna bunga yang terang. Tanaman hias ini berasal dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies.

Aglaonema merupakan tanaman yang habiat aslinya berada di bawah hutan hujan tropis. tanaman ini akan mengalami pertumbuhan yang baik pada area yang intensitas sinar mataharinya rendah dengan kelembaman yang tinggi. Tanaman ini mempunyai akar serabut dan batang yang tidak berkambium (Berkayu). Daun Sri rejeki berbentuk menyirip disertai dengan pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

Kini berbagai macam Aglaonema hibrida telah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk, dan ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alam (wikipedia)

2. Brassia Mardi Grass

Tanaman hias bunga brassia mardi grass

Brassia mardi grass

Tanaman hias yang satu ini merupakan salah satu jenis tanaman hias anggrek yang merupakan persilangan dari anggrek Brassidium Gilded Urchin dan Oncidium maculatum. Ukuran bunga Brassia Mardi Grass  sekitar 7-8 cm. Tanaman hias bunga ini banyak digemari karena memiliki bau bunga yang harum. Bentuk bunganya menyerupai hewan laba-laba dengan warna dasar bunga bunga putih dengan bercak-bercak berukuran besar berwarna ungu. Anggrek jenis ini biasanya ditanam dengan menggunakan media arang, karena bulb nya rentan dengan media yang lembab.

3. Cempaka Kuning

Tanaman hias bunga cempaka kuning

Cempaka kuning

Cempaka kuning (Michelia champaca L.) adalah tanaman hias bunga yang berasal dari India. Bunga cempaka mempunyai harum yang mampu membuat tubuh menjadi rileks. Selain itu, konon  bagian daun cempaka kuning bermanfaat untuk mengobati batu ginjal dan mengatasi bau mulut. Kulit kayunya bermanfaat untuk meredakan demam dan haid tidak teratur. Serta bunganya dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut.

4. Krisan
Krisan adalah tanaman hias bunga berupa perdu yang dikenal juga dengan sebutan lain Seruni atau bunga emas (Golden Flower). Tanaman ini konon berasal dari dataran Cina. Tanaman Krisan diperkirakan masuk dan berkembang di Indonesia pada tahun 1800 dan pada tahun 1940, bunga ini dikembangkan secara komersial.

5. Fuchsia

Tanaman hias bunga fuchsia

Fuchsia

Tanaman hias Fuchsia atau Anting Putri adalah salah satu jenis tanaman hias bunga yang memiliki varian ragam dan warna yang sangat banyak. tanaman ini bisa tumbuh hinggat tinggi sekitar 15 -150 cm. Fuchsia mengalami proses berbunga selama 12 minggu atau lebih.

6. Haworthia

Tanaman hias daun haworthia

Haworthia

Tanaman hias yang satu ini adalah tanaman hias yang asalanya dari Afrika Selatan. Tanaman ini termasuk tanaman yang mudah dirawat karena tidak perlu sering disiram. Haworthia mempunyai daun yang unik, tebal, dan memiliki warna hijau tua berhias bercak atau garis putih. Tanaman inijuga sering disebut oleh pecinta bunga dengan sebutan daun batu.

7. Kalanchoe

Tanaman hias bunga kalanchoe

Kalanchoe

Kalanchoe atau lebih popular dengan sebutan cocor bebek, mempunyai daya tarik pada bentuk daunnya yang terlihat seperti mata tombak. Permukaan daun bagian atas mengkilat, sedang pada permukaan bawahnya terdapat loreng-loreng berwarna coklat. Di pinggir daunnya terdapat tunas-tunas yang jika jatuh ke tanah bisa berakar dan membentuk tanaman baru.

8. Cemara Kipas
Thuja Occidentalis merpuakan jenis pohon cemara yang berasal dari keluarga Cupressaceae dengan genus Thuja yang dikenal dengan nama Whitecedar. Di Indonesia sendiri jenis cemara ini lebih dikenal dengan sebutan Cemara Kipas. Cabang daunnya mengerucut ke samping, bersisik, dan membentuk kipas. Jenis Tanaman hias ini bisa tumbuh dengan baik meskipun pada kondisi panas.

9. Dracaena song of india

Tanaman hias daun dracaena song of india

Dracaena song of india

Dracaena song of India yang dalam nama latinnya disebut Dracena reflexa adalah jenis tanaman hias yang cukup mudah untuk tumbuh. Bentuk daunnya memanjang dengan warna kuning hingga krem dipinggir daunnya. Tanaman ini banyak menjadi pilihan tanaman hias daun karena memang tampilannya sangat indah untuk menjadi penghias teras rumah atau taman anda. Selain bentuk yang indah, tanaman ini bermanfaat untuk menyerap racun dari udara. Dracaena song of India adalah jenis tanaman yang tetap dapat tumbuh dengan baik pada suhu ruangan bahkan dalam udara yang kering seperti di ruangan AC. Tanaman ini juga dapat tumbuh pada kondisi kekurangan cahaya sekalipun.

10. Kriptantus

Tanaman hias bunga Kriptantus

Kriptantus

Kriptantus adalah jenis tanaman hias daun yang tidak memiliki batang. Keindahan tanaman ini terletak pada tumpukan daunnya yang menyerupai bintang laut. Kriptantus mempunyai corak warna yang cukup beragam. Yang tampak pada gambar di atas adalah Kriptantus pink,

11. Petrea Putih
Petrea putih (Petrea sp) adalah tanaman hias rambat dengan bunga yang dihasilkan adalah bunga yang memiliki warna putih bersih. Tanaman hias ini dapat menghasilkan banyak bunga pada setiap batangnya yang menyerupai bentuk anggrek dendrobium. Tanaman bunga ini berasal dari Australia dan merupakan tanaman yang mudah dirawat karena tidak memerlukan banyak air, hanya perlu memangkas daunnya dan mengatur pertumbuhannya supaya rapi.

12. Peruvian lily (Alstroemeria)

Tanaman hias bunga peruvian lily

Peruvian lily

Peruvian lily (Alstroemeria) merupakan tanaman hias asli dari Peru yang memiliki bunga cantik. Bunganya sangat unik, memiliki kelopak utama berwarna krem dan memiliki dua hingga tiga kelopak berwarna kuning dengan corak bintik-bintik berwarna coklat. Tanaman ini hidup pada dataran tinggi dengam suhu 20 – 26 derajat celcius di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Peruvian lily dapat ditanam sebagai penutup tanah atau ditanam pot dengan diameter 60 cm. Untuk perawatannya Anda cukup menyiramnya sekali sehari.

13. Phalaenopsis Fimbriata Var Sumatrana

Tanaman hias bunga Phalaenopsis Fimbriata Var Sumatrana

Phalaenopsis Fimbriata Var Sumatrana

Anggrek semi terrestrial  atau litofit, monopolial dengan tunas amping yang banyak. Batang sangat pendek, 4-5 cm panjangnya. Daun tersusun rapat berselang-seling, tebal berdaging, berwarna merah kehijauan dan berbercak keperak-perakan.

14. Polyscias
Poliyscias adalah tanaman yang berasal genus tumbuhan berbunga yang terletak pada familia Araliaceae. Sebagian spesies dari tumbuhan hias ini yang dapat dimanfaatkan sebagai sayur-sayuran.

15. Spider lily

Tanaman hias bunga spider lily

Spider lily

Spider lily (Hymenocallis speciosa) adalah tanaman hias yang memiliki bunga yang sangat cantik. Tanaman hias bunga ini mempunyai bunga yang berwarna putih dengan bentuk seperti laba-laba. Selain estetikanya sebagai tanaman hias, tanaman ini juga bermanfaat sebagai penyerap polusi udara sehingga biasanya banyak dijumpai dan ditanam di taman kota pinggir jalan. Tanaman ini sangat pas untuk anda tanam di taman minimalis rumah di perkotaan padat yang berpolusi. Agar tanaman initumbuh denganbaik, tanam pada tempat yang teduh atau tidak terkena sinaar matahari secara langsung dan lakukan penyiraman teratur setiap hari.

16. Orange kalanchoe
Orange kalanchoe (Kalanchoe sp) merupakan tanaman hias yang memiliki bunga yang sangat banyak, melebihi daunnya. Tanaman ini berwarna orange cerah, dengan warnanya yang cerah tanaman ini akan membuat taman Anda menjadi taman penuh bunga yang indah. Tanaman ini ada baiknya anda hindarkan dengan pemberian terlalu banyak air pada saat menyiramnya, karena akarnya yang mudah busuk. Kalanchoe mudah tumbuh pada tempat dengan intensitas sinar matahari yang tinggi maupun pada tempat yang teduh.

17. Amaryllis ‘snowflake’

Tanaman hias bunga amaryllis

Amaryllis

Amaryllis ‘snowflake’ (amaryllis sp) adalah tanaman hias berumbi yang mempunyai bunga yang sangat cantik. Bunganya memiliki bentuk meyerupai terompet dengan 5 kelopaknya yang tumbuh mekar sangat indah. Tanaman ini sangat pas dan cocok dijadikan sebagai ornamen taman, penghias border, balkon atau ditanam di pot untuk mempercantik pekarangan rumah Anda. Tanaman hias ini tumbuh dengan baik pada dataran rendah – dataran tinggi yang memiliki suhu 20 – 32 derajat celcius. Perawatan tanaman ini tidaklah rumit, pada awal penanaman Anda bisa meletakkan polybag di tempat yang terkena sinar matahari secar langsung. Agar tanaman ini tumbuh tegak ke atas, putar posisi tanaman agar terkena cahaya matahari secara merata.

Sebenarnya Masih banyak lagi jenis tanaman hias yang lain, yang dapat anda jadikan referensi sebelum anda menentukan untuk membelinya. Sementara hanya ini saja yang dapat kami informasikan untuk anda. Semoga setelah membaca artikel ini, anda menemukan tanaman hias favorit anda.

Advertisement
Baca Juga  Manfaat Tanaman Hias Pakis untuk Kesehatan
Contoh Tanaman Hias untuk Taman Minimalis | Tanaman Hias | 4.5