Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag yang Mudah

By On Friday, April 14th, 2017 Categories : Tanaman Hias, Tanaman Hias Outdoor
Advertisement

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag – Mengingat harga cabe yang yang terus merangkak saat ini, membuat para ibu rumah tangga semakin kebingungan untuk bisa menghemat uang belanja. Karena kenaikan harga cabe ini, membuat banyak orang mencari alternatif lain untuk bisa menghemat pengeluaran keuangannya. Salah satu yang banyak dilakukan oleh sebagian orang yaitu menanam cabe di samping atau depan rumahnya.

Menanam cabe sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Cabe ini juga bisa ditanam di polybag bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas. Dengan cara ini, tentu anda bisa menghemat uang belanja anda. Bagi anda yang masih kurang tau cara budidaya cabe rawit dalam polybag, berikut ini kami punya tipsnya untuk anda. Untuk cara lengkapnya, simak dibawah ini.

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag yang Murah

Seleksi Biji

Pertama yang harus anda lakukan dalam berbudidaya cabe rawit yaitu menyeleksi biji cabe rawit. Untuk caranya, anda bisa merendam biji cabe rawit didalam air hangat selama kurang lebih 30-60 menit. Ambil biji cabe yang tenggelam didalm air saja.

Penyemaian Biji

Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah penyemaian biji. Penyemaian biji bisa dilakukan di wadah apa saja. Bisa polybag, bak plastik, atau petakan tanah. Untuk media semainya bisa menggunakan campuran tanah subur, pasih kandang atau pupuk kompos. Media semai ini sebaiknya diayak terlebih dahulu hingga menjadi butiran halus.

Seilahkan Beli Tanaman / Benih Langsung di Tokopedia Kami

Tanah subur dicampurkan dengan pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah halus dengan perbandingan 1:1. Setelah tercampur rata, baru lalukan penyemaian biji. Setelah disemai, lakukan penyiraman secara rutin. Perlu diingat, dalam melakukan penyiraman jangan terlalu berlebihan karena akan membuat biji busuk.

Baca Juga  6 Aneka Jenis Produk Budidaya Tanaman Hias

Penanam pada Polybag

Sebelum mulai memindahkan bibit cabe rawit ke dalam polybag, sebaiknya anda menyiapkan terlebih dahulu media tanam yang akan ditaruh dalam polybag. Media tanam ini, anda bisa menggunakan tanah subur dicampur dengan arang sekam dengan perbandingan 1:1. Isi polybag dengan media tanam yang sudah disiapkan tadi hingga hampir penuh.

Setelah benih mulai tumbuh kira-kira setinggi 3-5 cm, anda bisa memindahkannya langsung pada polybag. Cabut bibit cabe rawit secara perlahan dan jangan sampai akar terputus. Agar akar tidak putus, saat akan mencabut usahakan disiram dengan air terlebih dahulu supaya tanah menjadi lebih gembur.

Buat lubang pada media tanam di polybag yang sudah disiapkan tadi, lalu mulai masukkan bibit cabe rawitnya. Tutup lubang hingga bibit tidak tertanam dengan baik.

Perawatan Cabe Rawit

Untuk perawatan cabe rawit dalam polybag ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Anda cukup menyiramnya secara rutin 2 kali sehari dipagi dan sore hari atau jika musim kemarau bisa disiram 3 kali sehari. Selain itu, agar tanaman cabe rawit bisa tumbuh subur, letakkan tanaman cabe di area yang terkena sinar matahari yang cukup.

Lakukan juga pemetikan pada daun anakan di ketiak daun dibagian paling bawah agar tanaman tidak tumbuh ke samping. Selain itu, lakukan juga pemupukan dengan pupuk organik sebanyak 2 minggu sekali selama 2 bulan. Setelah itu, cukup lakukan pemupukan 1 bulan sekali.

Demikian tadi cara menanam cabe rawit di polybag yang bisa anda coba praktekkan sendiri dirumah. Semoga informasi yang sudah kami sajikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Advertisement
Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag yang Mudah | Hamba Muizun | 4.5