Cara Budidaya Tanaman Hias Pucuk Merah

By On Wednesday, August 17th, 2016 Categories : Tanaman Hias, Tanaman Hias Daun
Advertisement

Cara Budidaya Tanaman Hias Pucuk Merah – Pada kesempatan kali ini tanamanhiasan.com akan membahasn mengenai cara menanam tanaman hias pucuk merah. Anda mungkin saja sering menjumpai tanaman hias yang satu ini dipinggir jalan ataupun pekarangan tetangga. Tanaman ini mempunyai daun yang berwarna merah sesuai degnan namanya.

Pucuk merah mempunyai nama latin Syzygium oleana. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias yang biasa ditanam di halaman rumah. Dinamai pucuk merah karena warna pucuk daun mudanya adalah merah.

Jika anda tertarik untuk membudidayakan tanaman ini, caranya mudah dan tidak rumit. Tanaman ini sangat cocok dengan iklim tropis seperti iklim di Indonesia, tentunya jika anda tanam akan tumbuh dengan baik. Nah, untuk itu anda harus tahu cara budidaya tanaman hias pucuk merah terlebih dahulu dengan mengikut langkah dibawah.

Cara Budidaya Tanaman Hias Pucuk Merah

cara budidaya tanaman hias pucuk merah

Ada 2 metode dalam budidaya tanaman hias pucuk merah. Tanaman ini bisa dibudidayakan dengan menanam bijinya ataupun dengan cara stek batang.

1. Menanam Dengan Biji

1. Menanam Biji
Bentuk dari biji pucuk merah menyerupai lada. Pohon pucuk merah akan mengeluarkan banyak biji jika ukurannya sudah membesar. Untuk keperluan budidaya, maka ambil biji yang sudah tua dan tanam biji tersebut.

Biji tanaman pucuk merah yang sudah tua berwarna kehitam-hitaman. Jika anda kesulitan mencari bibit di pohon, coba cari di tanah karen bij tersebut akan mudah rontok atau gugur sendii jika sudah tua.

Seilahkan Beli Tanaman / Benih Langsung di Tokopedia Kami

2. Menyemai Biji
Jika anda sudah mendapatkan biji pucuk merah, langkah selanjutnya yakni melakukan penyemaian. Lakukan proses penyemaian pada tanah yang gembur dan subur.

Baca Juga  Cara Budidaya Bawang Merah yang Mudah untuk Pemula

Setelah biji tumbuh menjadi bibit, lakukan pemindahan ke dalam polybag. Anda juga bisa menanam secara langsung ke lahan yang telah disediakan. Asal, kondisikan terlebih dahulu tanah untuk tempat tanam tersebut dengan baik. Jangan lupa beri pupuk kandang sebelum kamu menanam benih pucuk merah.

3. Pemidahan bibit
Ketika tinggi dari bibit pucuk merah sudah sekitar 20 cm, maka bibit tersebut sudah bisa dipindahkan. Cabut bibit dengan hati-hati, jangan sampai akarnya putus. Buat lubang pada tanah sebagai media tanam, masukkan pupuk kandang dan tutup kembali lubang. Nah, kamu bisa memilih mau menanam pucuk merah di mana. Bisa dalam polybag, pot atau lahan yang sudah kamu sediakan.

4. Perawatan tanaman
Agar tanaman ini tumbuh dengan baik, maka ada baiknya jika anda memenuhi kebutuhan air dengan melakukan penyiraman secara rutin. Anda bisa melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Jika sedang musim hujan, penyiraman cukup dilakukan sekali saja.

Setelah cukup besar, tanaman pucuk merah akan segera mengeluarkan pucuk yang berwarna merah. Cocok sekali untuk menghias pekarangan rumah kamu.

2. Cara Stek Batang

Cara yang lebih mudah untuk menanam pucuk merah adalah stek batang. Kamu cukup memotong cabang dari pohon pucuk merah dan kemudian menanamnya.

Pemilihan batang

Nah, untuk menghasilkan tanaman yang baik, maka perlu juga memilih batang berkualitas baik. Pilihlah cabang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, kalau kata lagu sih yang sedang-sedang saja.

Potong cabang dengan panjang antara 20-30 cm yang diukur dari ujung daun. Kemudian tanam cabang tersebut di dalam polybag yang sudah berisi campuran tanah, pupuk kandang dan sekam padi.

Baca Juga  8 Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya

Demikian artikel mengenai cara budidaya tanaman hias pucuk merah, semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung 🙂

Advertisement
Cara Budidaya Tanaman Hias Pucuk Merah | Tanaman Hias | 4.5