Cara Budidaya Kacang Panjang yang Mudah

By On Thursday, April 20th, 2017 Categories : Tanaman Hias Outdoor
Advertisement

Cara Budidaya Kacang Panjang – Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak gizi dan bisa di olah menjadi berbagai macam masakan. Kacang panjang bisa dikreasikan dengan berbagai macam sayuran lain menjadi masakan yang enak dan lezat. Jika anda memiliki sedikti lahan kosong, alangkah baiknya untuk memanfaatkannya untuk berbudidaya kacang panjang ini.

Menanam kacang panjang sendiri dirumah cukup mudah dilakukan. Selain itu, perawatan untuk berbudiaya kacang merah juga tidak terlalu rumit. Hanya butuh penjagaan dari serangan hama dan melakukan penyiraman secara rutin dan teratur, serta memperhatikan pemupukan pada media tanamnya juga. Bagi anda yang ingin berbudidaya kacang merah, berikut ini kami sajikan untuk anda beberapa cara bididaya kacang panjang yang mudah.

Cara Budidaya Kacang Panjang

Cara Budidaya Kacang Panjang yang Mudah

Pemiliahan bibit kacang panjang

Langkah pertama untuk berbudidaya kacang panjang yang harus anda lakukan yaitu memilih bibit terbaik untuk ditaman. Bibit kacang panjang yang baik memiliki nas atau kusam, kecambah bibit kacang panjang diatas 90%, tidak rusak dan tidak mengandung penyakit atau hama tanaman.

Persiapan lahan

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan lahan untuk menanam bibit kacang panjang. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

Seilahkan Beli Tanaman / Benih Langsung di Tokopedia Kami

  1. Cangkul atau bajak lahan agar tanah menjadi gembur, lalu bersihkan lahan dari gulma atau bekas tanaman sebelumnya.
  2. Campurkan dengan pupuk kandang dengan ketentuan 1 ton/ hektar lahan.
  3. Setelah pupuk dicampurkan, diamkan terlebih dahulu selama 7 hari agar pupuk tercampur sempurna.
  4. Selanjutnya buat bedengan dengan lebar kurang lebih 80cm dan tinggi 30cm. Untuk pajang bisa menyesuaikan panjang lahan.
  5. Beri jarak antar bedengan sekitar 40cm.
  6. Dan terakhir buat lubang diaas bedengan dengan ketentuan jarak 30cm x 40cm.
Baca Juga  10 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

Cara Budidaya Kacang Panjang

Menanam bibit

Untuk penanam kacang panjang ini sebaiknya dilakukan diwaktu awal musim penghujan agar tanaman bisa mendapat suplay air yang cukup. Untuk cara menanamnya, masukkan bibit kacang panjang kedalam lubang dibedengan tadi dan isi setiap lubang dengan 2 biji kacang panjang saja. Selanjutnya tutuplah dengan tanah tipis atau bisa juga menggunakan abu dapur yang cicampur dengan pupuk kandang.

Penyulaman tanaman

Selanjutnya yaitu melakukan penyulaman tanaman. Hal ini dilakukan untuk mengganti bibit kacang panjang yang tidak tumbuh sempurna atau mati. Penyulaman ini bisa anda lakukan setelah bibit berusia 5-7 hari dari penanaman.

Perawatan tanaman

Setelah kacang panjang tumbuh sempurna, hal lain yang perlu anda lakukan yaitu melakukan pembersihan lahan dari gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman. Jika, gulma atau tanaman liar dibiarkan maka akan merebut nutrisi untuk tanaman kacang panjang sehingga tanaman tidak bisa tumbuh subur.

Penyiraman

Untuk sistem penyiramannya, tanaman kacang panjang tidak terlalu membutuhkan banyak pasokan air. Jadi, anda bisa melakukan penyiraman hanya sekali dalam sehari. Penyiraman sendiri bisa anda lakukan di pagi atau sore hari.

Pemupukan susulan

Agar nutrisi yang diterima tanaman kacang panjang tetap terjaga, hal yang perlu anda lakukan yaitu melakukan pemupukan susulan. Pemupukan susulan ini bisa anda lakukan setelah tanaman berusia kurang lebih 45 hari setelah penanaman. Untuk ketenuan pupuknya sendiri yaitu pupuk Urea 50kg, SP36 25kg, dan KCL 75kg. Campuran pupuk ini bisa anda taruh dilubang disekitar tanaman kacang panjang.

Pemanenan kacang panjang

Kacang panjang yang siap untuk dipanen biasanya memiliki ciri ukuran polong yang optimal dan terlihat menonjol, serta tidak lentur atau mudah dipatahkan. Jika menggunakan hitungan, tanaman kacang panjang sudah bisa dipanen ketika menginjak usia 3-4 bulan setelah penanaman.

Baca Juga  Cara Budidaya Kangkung Cabut untuk Pemula

Demikian tadi cara budidaya kacang panjang yang bisa anda praktekkan sendiri dilahan kosong anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Advertisement
Cara Budidaya Kacang Panjang yang Mudah | Hamba Muizun | 4.5