Cara Bercocok Tanam Hidroponik dengan Media Air

By On Tuesday, April 11th, 2017 Categories : Tanaman Hias, Tanaman Hias Daun
Advertisement

Cara Bercocok Tanam Hidroponik – Hidroponik merupakan salah satu cara bercocok tanam yang tidak memakai tanah sebagai media tanam utamanya. Cara bercocok tanam hidroponik, saat ini semakin digemari oleh beberapa kalangan. Pasalnya, dengan cara ini tidak memerlukan karena bisa ditanam dimana saja tanpa harus memikirkan lahan. Tanaman hidroponik juga bisa ditaruh menggantung di dinding untuk menanamnya. Ini tentu juga tak hanya berfungsi untuk menanam saja, tapi juga bisa menjadi hiasan exterior dinding rumah atau pagar.

Bercocok tanam hidroponik dengan media air terbilang cukup gampag dilakukan dan pertumbuhan tanaman juga bisa lebih cepat. Namun, untuk bercocok tanam dengan cara ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Salah satunya yaitu ketepatan dalam memberikan nutrisi untuk tanaman. Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan tanaman agar bisa cepat berkembang dan besar. Selain itu, asupan cahaya matahari juga perlu diperhatikan. Usahakan anda menaruh tanaman hidroponik ini di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup namun tidak berlebihan.

Cara Bercocok Tanam Hidroponik

Untuk cara bercocok tanam hidroponik dengan media air ini memiliki beberapa jenis yang bisa anda terapkan. Namun, yang paling populer dan mudah dilakukan terdapat 2 jenis cara. Apa saja? Langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini :

Cara Bercocok Tanam Hidroponik dengan Media Air

Cara NFT (Nutrient Film Technique)

Cara NFT

Seilahkan Beli Tanaman / Benih Langsung di Tokopedia Kami

Jenis cara bercocok tanam hidroponik dengan meida air satu ini, merupakan cara paling populer digunakan oleh sebagian besar kalangan pecinta tanaman di dunia. Teknik NFT ini berkonsep dasar menanam tumbuhan dengan akar tanamannya berada di atas atas pada bagian lapisan nutrisi. Selain itu, juga menjaga sirkulasi agar tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen, dan air yang tercukupi dengan baik.

Baca Juga  6 Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan

Bagi anda yang ingin menerapkan teknik hidroponik dengan media air satu ini, ada beberapa peralatan penting yang perlu anda persiapkan, antara lain tangki untuk penampung, pipa, talang, serta pompa. Untuk merangkainy yaitu potong pipa atau talang menjadi beberapa bagian dengan sama panjang, lalu lubangi pada bagian atas dengan jarak 20-30 cm antar lubang. Ini nantinya akan digunakan sebagai tempat menanam tanaman. Selanjutnya tampa dengan bak penampung atau tangki yang ditaruh dibagian yang lebih rendah. Lalu, pasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi agar aliran airnya lebih stabil dan maksimal.

Cara Wick

Cara Wick

Cara menanam hidroponik dengan media air selanutnya yaitu teknik Wick. Cara satu ini merupakan teknik yang juga tak kalah populer digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Pasalnya, teknik Wick ini pengaplikasiannya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan pemula sekalipun.

Unuk peralatan yang dibutuhkan untuk teknik Wick ini antara lain botol air mineral bekas, alat pemotong, solder atau paku untuk melubangi botol, sumbu kompor atau kain flanel. Untuk cara membuatnya, silahkan simak caranya dibawah ini :

  • Potong botol menjadi dua bagian dan beri lubang pada tutup botol.
  • Selanjutnya, gabungkan kedua bagian botol.
  • Pasang sumbu kompor atau kain flanel pada bagian tutup botol. Pastikan sumbu atau kain flanel yang anda gunakan dapat menyerap nutrisi dibagian paling bawah pada botol.
  • Langkah selanjutnya, tanam tanaman pada bagian atas botol.
  • Pada botol bagian bawah, isi dengan air nutrisi.
  • Sudah selesai.

Demikian tadi cara bercocok tanam hidroponik dengan media air yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Semoga informasi yang sudah kami sajikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Baca Juga  Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag Secara Organik dengan Mudah
Advertisement
Cara Bercocok Tanam Hidroponik dengan Media Air | Hamba Muizun | 4.5