7 Manfaat Tanaman Hias Bunga Tasbih

By On Friday, May 6th, 2016 Categories : Manfaat Tanaman Hias, Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga
Advertisement

7 Manfaat Tanaman Hias Bunga Tasbih – Bunga tasbih adalah jenis tanaman hias yang tumbuh liar dan dikenal juga dengan sebutan Canna Lily. Tanaman hias bunga ini biasanya tumbuh di pegunungan dan hutan secara liar. Tanaman ini memiliki bunga yang indah sehingga enak dipandang, oleh karenanya akan cocok jika tanaman hias ini dijadikan tanaman hias di pekarangan atau taman rumah.

Tanaman hias bunga tasbih mempunyai bunga yang berwarna hijau atau merah tengguli, besar dan menyirip. Bunga dari tanaman hias ini tersusun dalam bentuk tandan dan berwarna cerah. Bunga tasbih biasanya tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Tanaman hias bunga ini bisa tumbuh besar, tegak dan mempunyai tinggi hingga 2 meter.

Tanaman hias ini biasanya disebut sebagai Hosbe dalam bahasa batak oleh orang sumatera. Orang Jawa mengenal tanaman ini dengan sebutan pospa nidra, puspa nyidra, puspa midra, ganyong wana, kembang gedang, ganyong alam, sigi-sigi, dan sebek. Masyarakat Jakarta biasa menyebutnya bunga sabeh. Sedangkan orang Sunda mengenal bunga ini dengan sebutan tasbeh, sebeh, sebe, ganyong, dan leuweung.

Diluar negeri, tepatnya di Australia, tanaman ini dikenal sebagai tanaman penghasil tepung. Bunga tasbih mempunyai rimpang yang besar menyerupai ubi dan rasanya manis. Rimpang dari bunga tasbih ini ternyata mempunyai khasiat sebagai penurun demam, obat penenang, peluruh kencing dan menurunkan tekanan darah.

Daun dari tanaman ini juga mengandung senyawa sulfur dan tannin. Seorang ahli herbalis di Jakarta yakni Yellia Mangan, menyebutkan bahwa rimpang dari bunga tasbih mempunyai khasiat yang lebih baik dibandingkan daun sirih untuk menghilangkan keputihan.

Baca Juga  Macam-Macam Tanaman Hias Gantung dengan Bunga Cantik

Melihat manfaat tanaman hias bunga tasbih yang cukup baik untuk kesehatan, jadi tanaman hias ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional. Untuk itu pada postingan kali ini tanamanhiasan.com, merangkum beberapa manfaat dari tanaman hias bunga tasbih.

manfaat-tanaman-hias-bunga-tasbih

Manfaat Tanaman Hias Bunga Tasbih

 

1. Sebagai Obat Kanker Kandungan 

Seilahkan Beli Tanaman / Benih Langsung di Tokopedia Kami

Kanker kandungan adalah penyakit kanker yang paling ditakuti oleh wanita, karena kanker ini bisa menyebabkan seorang wanita tidak bisa hamil bahkan menyebabkan kematian pada penderitanya.

Untuk mendapatkan manfaat bunga tasbih sebagai obat kanker kandungan, anda tinggal menyiapkan 60 gram rumput lidah ular kering, 10 gram sambiloto dan 60 gram akar bunga tasbih. Semuanya dicampur dan direbus dengan air 700 cc sampai dengan mendidih dan tersisa air setengahnya atau sekitar 200 cc. Disaring terlebih dahulu, dan airnya diminum habis.

2. Menyembuhkan pembengkakan pada kelenjar limfa

Apabila anda mengalami pembengkakan pada kelenjar limfa yang terjadi sebagai respon tubuh ketika terjadi infeksi atau peradangan di daerah pangkal paha, leher, ketiak dan daerah di bawah dagu bisa disembuhkan dengan tanaman hias bunga tasbih. Caranya dengan menggunakan ramuan dari akar bunga tasbih yang direbus.

3. Menyembuhkan penyakit kuning

Penyakit kuning disebbkan adanya penumpukan bilirubin di dalam darah da jaringan tubuh. Hal ini disebabkan karena hati tidak bisa menangani produksi bilirubin di dalam tubuh sehingga bilirubin menumpuk dan menyebabkan penyakit kuning.

Penyakit ini bisa disembhan dengan bunga tasbih. Caranya yakni bisa menggunakan campuran dari 60 gram akar bunga tasbih dan 30 gram daun serut. Keduanya direbus dengan 600 cc air sampai mendidih dan tersisa air sepertiganya. Setelah disaring, airnya diminum habis.

Baca Juga  Tanaman Hias Bunga Lotus, Manfaat dan Cara Merawatnya

4. Sebagai Obat Wasir

Wasir disebabkan oleh membengkaknya struktur vaskular dalam anus yang membantu kontrol buang air besar. Pengobatan wasir menggunakan bunga ttasbih dapat dilakukan dengan merebus 30-60 gram akar bunga tasbih dengan 600 cc air sampai tersisa air sepertiganya. Setelah disaring, air hasil rebusannya bisa diminum langsung.

5. Mengobati Keseleo

Jika anda mengalami keseleo, anda bisa memberikan pertolongan atau penyembuhan dengan memanfaatkan tanaman hias bunga tasbih. Pengobatan bagian tubuh yang keseleo bisa menggunakan ramuan dari akar bunga tasbih, tepung terigu dan arak putih yang ditempelkan pada bagian yang keseleo.

6. Mengatasi pendarahan

Bunga tasbih juga sangat bermanfaat untuk membantu menghentikan pendarahan. Untuk memanfaatkannya cukup mudah, pertama siapkan 10-15 gram bunga tasbih dan 60 gram akar teratai. Rebus keduanya dalam satu wadah dengan isi air 500 cc sampai dengan mendidih dan tersisa air setengahnya. Setelah itu disaring dan air hasil rebusannya bisa langsung diminum habis.

7. Menghilangkan dan mengatasi jerawat

Tanaman hias ini bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat

Demikianlah ulasan mengenai manfaat tanaman hias bunga tasbih, semoga dengan postingan ini menambah wawasan dan ilmu anda mengenai manfaat tanaman hias. Terimakasih telah berkunjung.

Advertisement
7 Manfaat Tanaman Hias Bunga Tasbih | Tanaman Hias | 4.5